Buku Tamu

Tips - Tips Mencegah Penyakit Flu

Sabtu, 21 Desember 2013
Share this Article on :



ndhacliquers - Tips  Tips Mencegah Penyakit Flu. Dimusim hujan seperti ini merupakan sangat rentan dengan yang namanya penyakit, terutama penyakit flu. Sobat cliquers pasti sangat pusing kan mengatasi satu penykit ini. Memang penyakit ini bukan salah satu penyakit yang berbahaya, namun yang namanya penyakit pasti seluruh sobat cliquers tidak menginginkannya.

Oke deh, kali ini ndhacliquers akan berbagi Tips - Tips Mencegah Penyakit Flu, biar sobat cliquers tidak mudah terjangkit virus flu ini.

1. Perbanyaklah Minum Air Putih
Tahukah sobat cliquers ?? air putih itu mempunyai segudang manfaat yang diantaranya juga dapat membantu mencegah penyakit flu atau pilek bahkan bisa mengobati. Usahakanlah sobat cliquers minum air puith minimal 8 gelas setiap harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan sobat cliquers bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Selalu Mengkonsumsi Minuman Hangat
Selain sobat cliquers memperbanyak minu air putih sobat cliquers juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, kopi dsb. Karena pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Maka dari itu, sangat disarankan agar sobat cliquers banyak minum air, tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Tahukah sobat cliquers ? cairan hangat itu dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

3. Perbanyaklah Mengkonsumsi Buah dan Sayuran
Karena saat kondisi tubuh sobat cliquers melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh sobat cliquers juga akan melemah. Maka dari itu sobat cliquers harus memenuhi asupan vitamin dan mineral dan itu sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar sobat cliquers tidak mudah terserang penyakit.

4. Selalu Berkumur
Tahukah sobat cliquers ? Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang sobat cliquers. Karena berkumur membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya lebih maksimal.

5. Mengkonsumsi Cabai Atau Makanan Yang Mengandung Cabai
Tahukah sobat cliquers ? Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang sobat cliquers, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai. Tapi ingat sobat cliquers, jangan terlalu banyak, nanti bukannya flunya sembuh malah sakit perut. wkwkwk...

6. Campuran Madu dan Jahe
Sobat cliquers pasti sudah tahu madu. Selain rasanya yang enak, madu ini juga kaya akan manfaat yang diantaranya juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya, sobat cliquers ambil 2 ruas jahe, kemudian parut dan campurkan dengan madu. Lalu sobat cliquers makan 3x sehari. 

7. Berendamlah Dalam Air Panas Atau Sauna
Para peneliti tidak menjelaskan peran sebenarnya sauna dalam mencegah flu. Tapi sebuah penelitian tahun 1989 di Jerman menemukan orang yang disauna dua kali setiap minggu kecil kemungkinan terkena flu dibanding mereka yang tidak. Secara teori ketika sobat cliquers sauna dan sobat cliquers menghirup udara lebih panas dibanding 80 derajat, sebuah temperatur yang terlalu panas bagi virus flu untuk bisa bertahan hidup.

8. Perbanyaklah Menghirup Udara Segar
Tahukah sobat cliquers ? Menghirup udara segar secara teratur sangat penting terutama ketika dalam cuaca dingin ketika penghangat udara membuat tubuh sangat rentan terhadapvirus flu. Selain itu, selama cuaca dingin lebih banyak orang tinggal di dalam rumah yang berarti lebih banyak virus berkeliaran di ruangan yang kering.

9. Perbanyaklah Makan Makanan Yang Mengandung Phtochemical
"Phyto" itu berarti tumbuhan. Bahan kimia alami dalam tumbuhan memberikan tumbuhan banyak vitamin karena itu sobat cliquers banyaklah makan sayuran dan buah-buahan berwarna hijau, merah dan kuning.

10. Perbanyaklah Minum Yogurt
Tahukah sobat cliquers ? Beberapa penelitian menunjukan minum satu cangkir yogurt rendah lemak dapat mengurangi peluang terkena flu hingga 25%. Para peneliti berpendapat bakteri menguntungan yang terdapat dalam yogurt dapat menstimulus produksi sistem kekebalan untuk menyerang penyakit.

11. Kurangilah Merokok
Tahukah sobat cliquers ? Statistik menunjukan perokok berat lebih rentan dan lebih sering mengidap flu. Merokok dapat menyebabkan bagian sistem pernapasan kering sehingga virus flu dapat dengan mudah masuk.

12. Kurangilah Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat merusak hati sebagai sistem penyaring tubuh yang paling utama. Karena itu semakin berat konsumsi alkohol semakin rentan terkena infeksi dan juga komplikasi. Alkohol dapat mendehidrasi tubuh dan menyerap lebih banyak cairan dari sistem.

Sekian posting ndhacliquers kali ini tentang Tips - Tips Mencegah Penyakit Flu yang ndhacliquers dapatkan dari beberapa sumber seperti iwan.or.id dan inkesehatan.blogspot.com. Semoga bermanfaat.

Salam Cliquers !!
Next Prev home
 

Animasi

Animasi

animasi

Artikel Paling Populer

Berikan Nilai Anda ?

~ Denda Cliquers Blog Menyediakan Berbagai Artikel || Info-Info Seputar Teknologi Dan Software || Download Software || Download Lagu || Info, Sejarah Dan Kumpulan Lagu Ungu Khusus Para Ungu Cliquers || Trik-Trik Blog || Terimakasih Sudah Berkunjung ~