Buku Tamu

Sejarah Perjalanan Ungu

Selasa, 14 Mei 2013
Share this Article on :



Salam Cliquers !!

Oke sahabat cliquers, kali ini ndha akan membahas tentang sejarah Ungu, ya awal karir Band Ungu. Sahabat cliquers Ungu terbentuk di tahun 1996, woow udah lama banget ya sahabat cliquers. Ndha acungin jempol dehh,, band ini bisa terus mempertahan kan ke populeran nya sampe tahun 2013 ini. Nah dulu pembentuknya adalah Makky dan Ekky,, tau gak sih sahabat cliquers siapa ekky ??. Kebetulan ya ndha juga sampe saat ini belum pernah lihat sosok ekky muncul di TV. Nahh,, Ekky ini adalah pemain gitar. Pada saat itu vokalisnya juga bukan Pasha lho sahabat cliquers tapi Michael. Sedangkan drum dipegang oleh Pasha Vander Krabb. Wahh,, ketiga personil tersebut belum satupun yang kita kenal ya. Kemudian ni sahabat cliquers pada tahun 1997, ceritanya saat itu Ungu mau manggung, tapi salah satu personil yang megang drum yaitu Pasha Vander Krabb tiba-tiba menghilang, dan posisinya langsung deh digantikan oleh Rowman, yang tetap kekal ya sahabat cliquers Rowman ini setia sampe detik ini di Ungu. Tau gak sahabat cliquers Enda sebelum gabung di Ungu,, dia adalah Roadisnya Ekky, yang kemudian di ajak dan gabung deh.

Masuk di tahun 2000 ni sahabat cliquers, Ungu mulai mempersiapkan album pertama mereka. Dan akhirnya resmi pada tanggal 6 juli 2002 Ungu launching album pertama mereka yang bertajuk "Laguku". Sebelum mengeluarkan album pertama tersebut Ungu hanya ikut mengisi dua lagu dialbum kompilasi Klik bersama Lakuna, Borneo, Piknik dan Energy. Ke dua lagu tersebut adalah "Hasrat" & "Bunga". Single pertama dialbum yang bertajuk “Laguku" ini adalah single "Bayang Semu" berhasil menjadi Ost. Sinetron ABG (RCTI) pada tahun itu. Sahabat cliquers pasti pada tahu kan film nya ?? gak mungkin gak tau dehh,, wkwk.. Namun Meski album ini terbilang sukses pada tahun itu, Ungu baru mendapatkan Platinum Awards setelah hampir dua tahun album ini dirilis. Waduuhh,, bayangin sahabat cliquers dua tahun !! he..

Setelah album pertama sudah sukses, Ungu mulai menyiapkan album yang ke dua. Namun saat hendak masuk rekaman, tiba-tiba Ekky sang gitaris memutuskan keluar dari Ungu. Pada saat itu tentu Ungu kehilangan salas satu gitaris nya. Tapi ni sahabat cliquers Oncy yg saat itu keluar dari Funky Kopral dipilih untuk menggantikan Ekky. Horee !!.wkwk.. Dan  Album ke dua Ungu pun resmi di rilis Desember 2003 yang di beri judul "Tempat Terindah". Dari album ini Ungu menjagokan "Karna Dia Kamu" sebagai single pertamanya dan "Suara Hati" dipilih menjadi single ke dua. Hebatnya baru saja empat bulan dirilis penjualannya mencapai 80.000 Copy. Jumlah yg cukup signifikan ya sahabat cliquers. Jika dibandingkan dengan album pertama yg mendapatkan 150.000 copy dalam hitungan satu setengah tahun, tapi ini Cuma empat bulan sob.

Masuk di tahun 2005 Ungu merilis album ke tiga yang bertajuk  “Melayang” dan menjadi salah satu artis yg berkolaborasi dengan Chrisye. Waw,, hebat kan sahabat cliquers??. dialbumnya yang ketiga ini single yang di jago kan adalah "Demi waktu". Nah, dialbum ini sahabat cliquers ndha mulai menyukai Ungu, he.. Single Demi Waktu ini mengantarkan Ungu menjadi MTV EXECLUSIVE ARTIS dialbum Desember 2005. Wiihh,, kren ya sahabat cliquers.
Masuk di bulan ramadhan 2006 Ungu mencoba mengeluarkan sebuah album mini untuk menyambut Ramadhan tahun itu yang Bertajuk "Surgamu" yg telah dirilis pada bulan September 2006. Hebatnya ni sahabat cliquers, hanya dalam tempo 10 hari sejak dilirisnya album mini "Surgamu" ini, telah terjual sebanyak 150.000 copy. Mantap ya cliq.. Dan yang paling kren dan mantap ni sahabat cliquers, album ini mendapat penghargaan INSPIRING Wakil Presiden Jussuf kalla. Tapi sayangnya saat mau menerima penghargaan di istana Wapres, Ungu yg mengenakan setelan jass dan celana jeans ditolak masuk kedalam istana wapres. Alasannya karena pakaian yg tak sesuai Protokoler istana. Haduuh.. Tapi dalam penghargaan MTV INDONESIA 2006, Ungu masuk dalam tuga nominasi sahabat cliquers yaitu Most Favorit, Group/Band/Duo, Best Direktur "Demi Waktu" Abymael Gandy dan Video Of the Year "Demi Waktu". Kren, kren, kreeenn.. wkwkw..

Kemudian atas kesuksesannya itu Ungu Membuat buku Biografi dengan judul "A Mild Live Ungu Book Magazine" dengan dukungan A Mild Production dan Trinity Optima Production yang diluncurkan pada kamis 10 Mei 2007 dijakarta. Ungu mencetak sebanyak 40.000 Eksemplar lho cliq. Nah, biografi tersebut memuat biografi masing-masing personil diskografi Ungu, foto-foto, bahkan cord lagu-lagu Ungu. Lengkap ya cliq.. waktu itu Ungu juga sering terlibat dalam pembuatan sountrack. Bahkan Ungu pernah menyumbangkam lagu untuk sebuah film yang berjudul "Buruan Cium Gue". Ungu pun menyumbangkan 3 buah lagu untuk film "Coklat Strobery" yaitu dua lagu baru yang berjudul "Disini untukmu" & "Sahabatku" serta mengikuti lagu ketiga yang berjudul "Berjanjilah" dari album ke 3 mereka.
Dalam AJANG SCTV AWARDS 2007 dibalai sidang jakarta Ungu mendapat 4 kemenangan sahabat cliquers. Tau kaan album surgamu ?? nah album ini menjadi penerimaan penghargaan Album Realigi, Lagu paling Ngetop & Video paling Ngetop untuk lagu "Andai Ku Tahu" sedangkan lagu "Tercipta Untukku" yg menjadi single andalan dialbum "Melayang" memenangkan kategori Pop Rock Duo/Band.

Denga tiga album yang sangat sukses, Ungu kembali merilis album ke 4 nya yg bertajuk "Untukmu Selamanya". Album ini dilaunching 4 negara sekaligus cliq, yaitu 9 Agustus 2007 di kuala lumpur, terus 10 Agustus 2007 di malaysia, terus 12 Agustus 2007 singapura & hongkong, dan puncaknya pada 15 Agustus dijakarta indonesia. Dan lagu andalan dialbum ini adalah "Kekasih Gelapku", "Cinta Dalam Hati", "Apalah Arti Cinta" dan "Ijinkan Aku". Album ini tercatat album terlaris juga cliq.

Kemudian masuk dibulan Ramadhan 1428 H. Ungu kembali merilis album Religi yg berbentuk mini album bertajuk "Para PencariMu". Dalam album ini berisi 5 single yaitu “Para PencariMu", "Sembah Sujudku", "Surga Hati", "Sesungguhnya" & "Tuhanku". Dari 5 lagu tersebut telah terpilih sebagai sountrack sinetron yg tayang selama Ramadhan, yaitu lagu “sembah sujud ku”. Tau kan cliq film ny ??.

Denga 4 album yang sukses dirilis, dan 2 album mini Ungu kembali meraih penghargaan untuk kategori Band Paling Ngetop di Ajang SCTV AWARDS 2007 yg berlangsung diSenayan Jakarta. Tepatnya jum'at 24 Agustus 2007 dalam Ajang itu Ungu berhasil menyisihkan group band papan atas lainnya seperti Ada Band, Peterpan, Radja, dan band pendatang baru lainnya. Hebat kan cliq ?? Dan Pada tahun 2007 itu Ungu Dijuluki sebagai “THE RISING STAR BAND” oleh Penyelenggara Musik Akbar Soundrealine, A Mild Live Production & Deteksi Production juga oleh Raksasa Label Rekaman Musica Studio. Mantap !!

Kalo sahabat cliquers penasaran gimana sih ungu yang dulu ? yang sebelum ada oncy, enda.. nihh ndha kasih screen shoot nya.



Bagi para cliquers yang belom jelas nie,, langsung aja dengerin tentang sejarah perjalanan Ungu langsung dari makki sang pendiri Ungu..




Atau masih kurang jelas ?? Kunjungi Langsung Website resmi Ungu.. Cliq di http://unguband.com/
Nah, sekian dulu sob tentang ungu. Semoga bermanfaat ya info ny buat para cliquers  seluruh dunia.
Salam cliquers !!
Next Prev home
 

Animasi

Animasi

animasi

Artikel Paling Populer

Berikan Nilai Anda ?

~ Denda Cliquers Blog Menyediakan Berbagai Artikel || Info-Info Seputar Teknologi Dan Software || Download Software || Download Lagu || Info, Sejarah Dan Kumpulan Lagu Ungu Khusus Para Ungu Cliquers || Trik-Trik Blog || Terimakasih Sudah Berkunjung ~